Perhitungan Rentang Waktu menggunakan Ms. Excel

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung rentang waktu antara satu tanggal dengan tanggal yang lain. maksudnya menghitung mundur hari/waktu sesuai dengan tanggal dan peristiwa/kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sebagai contoh, kita mempunyai acara atau agenda-agenda penting yang telah ditentukan tanggalnya dan kita setiap hari ingin mengetahui ada rentang waktu berapa hari menuju tanggal tersebut.
Untuk  mengetahui hasil dari keinginan itu maka kita gunakan kombinasi rumus sebagaimana terlihat pada contoh penggunaan berikut:

Dari data di atas kita cukup mengurangkan saja tanggal yang telah kita tentukan dengan tanggal sekarang.
Pada contoh di atas tanggalnya merujuk pada cell B4, tanggal sekarang menggunakan fungsi TODAY sehingga setiap hari rentang waktu itu akan otomatis berkurang. Sedangkan untuk menambahkan teks bisa kita awali dengan tanda dan (&) jangan lupa teks kita apit dengan tanda petik dua(“). Sehingga seperti terlihat pada gambar di atas rumusnya bisa kita tulis :
=B4-TODAY()&” Hari Lagi”
Sumber : rumuslengkap.com

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Perbedaan Umum IELTS dan TOEFL

IELTS dan TOEFL merupakan sertifikasi kemampuan bahasa yang paling umum digunakan untuk keperluan dunia pendidikan maupun dunia kerja saat ...